Cara Bermain DOTA 2 untuk Pemula

DOTA 2 adalah game alihan yang awalnya hanyalah sebuah mod di sebuah game bernama World of Warcraft yang dibuat oleh Blizzard. DotA atau defense of the ancient diciptakan pertama kali sebagai mod di Warcraft 3 oleh seorang misterius yang menyebut dirinya sebagai Icefrog. Kebanyakan hero di DotA pun sebenarnya terinspirasi dari hero-hero di game warcraft. Lalu munculah ide dari icefrog untuk membangun game DotA sendiri, dan akhirnya dibuat dengan kerjasama valve menjadi game dengan engine source bernama DOTA 2.

Jadi sebenarnya DOTA 2 dengan DotA tidak jauh berbeda, hero-hero di DOTA 2 pun berasal dari DotA. DOTA 2 adalah permainan real time strategy, anda harus memilih suatu karakter atau hero dari banyak hero. Perlu diketahui di DOTA 2 anda hanya akan mengontrol satu hero/unit, namun beberapa hero bisa membuat beberapa unit juga, tapi umumnya anda hanya mengontrol satu hero dan tidak perlu mengontrol unit lebih dari 10. Tujuan utama di DOTA 2 sebenarnya adalah menghancurkan ancient musuh, apabila ancient musuh hancur maka tim akan menang. Di DOTA 2 ada banyak hal yang harus anda capai, misalnya level dan item, semakin tinggi level atau semakin bagus item maka hero yang anda gunakan akan semakin kuat.

Hal yang perlu anda pikirkan sebelum memulai DOTA 2

  • DOTA 2 dapat mengakibatkan kecanduan yang berlebih
  • 1 match DOTA 2 rata-rata berdurasi sekitar 40-50menit, sebelum itu juga anda harus find match dan start, jadi kemungkinan akan memakan waktu sekitar 1 jam setiap kali main. Jadi persiapkanlah waktu
  • DOTA 2 sangat mempengaruhi kejiwaan anda, karena anda akan terpancing emosi (meski tidak selalu, namun kebanyakan orang menjadi lebih agresif setelah sering bermain DOTA 2)
  • Semakin sering anda main, semakin cinta dengan DOTA 2 yang mengakibatkan anda akan tergoda oleh kostum-kostum, benda-benda dan sebagainya yang ada di DOTA 2 dan membuat anda mengeluarkan biaya

Nah apabila anda merasa hal-hal diatas tidak akan mengganggu anda, maka anda boleh ke tahap selanjutnya.

Cara download DOTA 2

Nah sebelum mulai tentu anda perlu mendownload client DOTA 2 nya, DOTA 2 ini perlu menggunakan akun steam, jadi pertama-tama anda harus memiliki steam di komputer anda, download steam disini lalu install hingga selesai dan buat akun steam, apabila anda sudah memiliki akun steam masuklah ke steam bisa pada browser atau software steam itu sendiri, lalu ke store dan download dota, atau apabila dengan browser, loginlah ke steam lalu klik disini , lalu klik play game, lalu klik yes, steam is installed seperti gambar berikut.






Dota 2 System Requirements

  • OS: Windows 7
  • Processor: Dual core from Intel or AMD at 2.8 GHz
  • Memory: 4 GB RAM
  • Graphics: nVidia GeForce 8600/9600GT, ATI/AMD Radeon HD2600/3600
  • DirectX: Version 9.0c
  • Network: Broadband Internet connection
  • Hard Drive: 8 GB available space
  • Sound Card: DirectX Compatible

  • OS: OS X Lion 10.7
  • Processor: Dual core from Intel
  • Memory: 4 GB RAM
  • Graphics: nVidia 320M or higher, or Radeon 7000 or higher, or Intel HD 3000 or higher
  • Network: Broadband Internet connection
  • Hard Drive: 8 GB available space

  • OS: Ubuntu 12.04
  • Processor: Dual core from Intel or AMD at 2.8 GHz
  • Memory: 4 GB RAM
  • Graphics: nVidia GeForce 8600/9600GT, ATI/AMD Radeon HD2600/3600 (Graphic Drivers: nVidia 310, AMD 12.11), OpenGL 2.1
  • Network: Broadband Internet connection
  • Hard Drive: 8 GB available space
  • Sound Card: OpenAL Compatible Sound Card

Nah jangan lupa untuk cek system requirement diatas, apabila anda cocok segeralah download.

Catatan

Perlu diingat bahwa DOTA 2 akan selalu update, jadi setiap 3 minggu atau bisa kapan saja akan ada game update dengan ukuran file yang berbeda-beda dan anda harus mendownloadnya mau tidak mau, maka dari itu anda memerlukan internet yang baik.

Nah apabila sudah terinstall bukalah game nya. Akan muncul jendela yang menyatakan sesuatu seperti "apakah anda pernah main dota 2" dan sebagainya, itu pilihan anda apabila anda memang pemula pilihlah belum pernah main dota 2, tapi terserah sih, bedanya kalo anda memilih pemula, anda akan masuk ke mode pemula dimana anda harus menyelesaikan tutorial dan lalu hanya bisa bermain online dengan mode limited hero pool, namun saya rekomendasikan anda untuk masuk ke mode ini agar lebih tahu tentang DOTA 2.

Dasar-dasar yang perlu diketahui

Nah akhirnya sampai juga disini, diatas saya sudah menyebutkan bahwa di DOTA 2 ini kita hanya perlu mengontrol satu hero bukan seperti game-game RTS lainya. Jadi di DOTA 2 ini ada dua tim atau faction, yaitu Dire dan Radiant. Dire berlokasi di kanan atas map, sedangkan Radiant di kiri bawah map. Apabila anda main DOTA 2 anda akan masuk ke antara dua tim tersebut secara acak, meski begitu sebenarnya Dire dan Radiant ini tidak begitu berbeda, yang berbeda hanya texture atau tampilannya dan jalan-jalanannya. Tetapi yang paling membedakan ialah adanya suatu creep yang sangat kuat di daerah Dire yang bernama Roshan.

Tujuan utama

Tujuan utama dalam bermain DOTA 2 yaitu adalah untuk menghancurkan ancient musuh. Yang manakah ancient itu? ancient itu terletak dekat dengan fountain. Ancient adalah seperti gambar berikut (kiri: dire, kanan: radiant)
   
Ancient di DOTA 2 Apabila salah satu dari ancient itu sudah hancur, maka tim yang ancient nya hancur kalah. Lalu apa itu fountain? yaitu tempat awal kita respawn, fountain memiliki attack tersendiri yang kuat dan dapat membunuh siapapun dengan cepat, maka dari itu apabila ada musuh yang berani masuk ke fountain, dia akan segera mati, meski begitu musuh dapat tetap masuk ke fountain dalam keadaan tertentu.
  
Fountain (radiant) Perlu diketahui bahwa anda tidak bisa menyelinap lalu langsung menghancurkan ancient musuh, ancient tersebut hanya dapat dihancurkan apabila anda sudah menghancurkan 3 tower 2 barracks dalam 1 lane dan 2 tower dekat ancient. Nah untuk menghancurkan tower pun tidak mudah, maka strategi diperlukan.

Lane

 
Lane adalah jalanan-jalanan menuju tim musuh, di DOTA 2 terdapat 3 lane yaitu top, middle dan bottom atau atas, tengan dan bawah. Apabila anda berada di tim radian, top adalah hardlane/offlane dan bottom adalah easylane/safelane, namun apabila anda berada di tim Dire maka top adalah safelane anda dan bottom adalah hardlane anda. Strategi dasarnya biasanya adalah 2 hero atas, 1 tengah dan 2 bawah. Pada awal game atau early game anda dapat memilih dimana anda akan berada, anda bisa juga berpindah tempat kapanpun untuk membantu teman anda. Tujuan berada di lane ini adalah untuk push atau mendorong creeps dan tim untuk menghancurkan tower di setiap lane, selain itu sebenarnya kita berada di lane ini adalah untuk mendapatkan XP dan Gold, nah untuk mendapatkanya itu anda membutuhkan farm atau membunuh creep-creep musuh. Setiap lane memiliki 3 tower dan 2 barracks. Nah kalo bisa kita nyicil untuk menghancurkan tower-tower tersebut. Pada awal game memang hero-hero akan menuju lane-lane dengan formasi 2 1 2, namun terkadang ada hero yang tidak melakukan farm di lane namun di jungle atau hutan.

Perlu diketahui middle lane atau lane tengah adalah lane untuk hero-hero yang dapat membantu lane atas atau bawah, karena di midlane biasanya hero solo atau sendiri maka dia akan mendapatkan XP lebih cepat dibanding lane-lane lainya, maka dia dapat membantu lane lain dengan mudah. Perlu juga diketahui bahwa midlane adalah lane yang harus bertanggung jawab, karena apabila anda gagal farm di mid maka akan dapat membuat tim kalah.

XP dan Gold

XP atau experience dan gold ini bisa anda dapatkan dengan banyak cara. XP adalah point yang akan memberikan anda level, setiap level anda akan dapat mempelajari kekuatan baru. Sedangkan gold adalah uang untuk membeli item. Nah XP ini akan didapat setiap kali ada unit musuh (creep, hero dll) yang mati dekat dengan anda yaitu berjarak 1300 radius dari hero anda. Sedangkan gold akan anda dapatkan setiap kali anda last hit atau membunuh creep atau hero saat terakhir, menjadi hero yang hit dari sebelum sampai mati. Anda juga dapat meng-deny experience musuh dengan deny creep, hal ini akan membuat musuh menjadi lambat dalam naik level.

Last hit

Nah untuk menjadi seorang pemain DOTA 2 yang baik tentu anda harus jago dalam last hit, setiap hero memiliki damage dan attack speed yang berbeda, maka untuk meng-hit creep agar last hit tidak mudah dan memerlukan kepekaan tersendiri. Agar mudah anda tidak perlu hit creep sama sekali, tetapi hit hanya saat darah creep sudah terlihat sangat sedikit, dan perkirakan attackspeed dan damage apakah cukup atau tidak. Anda juga bisa spam klik kanan dan spam tombol s di keyboard agar bisa pas dan mengurangi animasi.

Creeps

Lane creeps Radiant dan Dire masing-masing memiliki lane creeps. Creep radiant berwarna hijau dan Dire berwarna merah, ada tiga tipe creep yaitu melee, ranged dan siege. Melee creep adalah creep yang menggunakan senjata pedang jadi dia hanya dapat close combat, ranged adalah creep yang biasanya dibelakang creep-creep melee yang menggunakan senjata yang jarak jauh, sedangkan siege adalah creep catapault yang damagenya besar terhadap bangunan. Darah yang dimiliki ranged lebih kecil dibandingkan melee, maka lebih mudah untuk meng-lasthitnya. Creeps ini selalu muncul setiap detik ke-30.
 
Neutral creep camp
Apabila tadi adalah lane creep, ada juga neutral creep yang berada di hutan-hutan. Apakah fungsi creep-creep ini? fungsinya adalah untuk kita dapat mendapatkan XP dan gold tambahan, maka dari itu ada beberapa hero yang memiliki kekuatan tertentu yang dapat farm dengan cara hit creep di hutan bukan dengan creep lane. Neutral creep ada juga kelasnya, ada yang mudah, sulit dan sangat sulit yaitu ancient neutral creeps. Berikut adalah lokasi neutral creeps. 
 
Lokasi neutral creeps
Selain itu ada juga neutral creep yang sangat kuat yaitu Roshan. Roshan hanya ada satu yaitu di lokasi Dire. Apabila roshan terbunuh dia akan mengdrop Aegis of immortality, apabila suatu hero mengambilnya maka hero tersebut dapat hidup kembali apabila mati. Roshan akan respawn setiap lima menit aegis hilang. Apabila Aegis tidak tergunakan setelah 5 menit maka dia akan hilang tetapi meng-regen hero pemegang aegis itu. Apabila Roshan telah terbunuh lebih dari 2 kali maka ia akan mengdrop item bernama cheese. Roshan ini sulit untuk dibunuh, roshan akan mudah terbunuh apabila hero sudah kuat, namun ada juga beberapa hero yang dapat membunuh roshan dengan cepat tanpa harus kuat terlebih dahulu.

Tower

 
Tadi sudah disebutkan bahwa setiap lane memiliki 3 tower, nah tower yang dapat dihancurkan adalah yang paling depan, apabila tower paling depan sudah hancur maka tower selanjutnya dapat dihancurkan. Apabila tidak ada lane-creep dari tim kita dekat dengan tower maka tower memiliki backdoor protection dan akan sangat-sangat sulit untuk dihancurkan.

Tipe-tipe hero (atribut)

Nah di DOTA 2 ini hero memiliki 3 tipe yaitu Agility, Strength dan Intelligence. Agility adalah tipe hero yang memiliki keahlian pada kecepatan menyerangnya (attack speed) dan armor, tipe ini biasanya adalah tipe yang kuat diakhir game (late game). Strenth adalah tipe hero yang biasanya kuat healthpoolnya lebar dan regenerasi darah atau hp lebih cepat, tipe ini biasanya adalah hero yang dapat mendapat banyak damage dan membiarkan musuh menargetkan dirinya. Intelligence adalah tipe untuk hero yang lebih banyak menggunakan kekuatannya maka dari itu mereka memiliki manapool lebih lebar dan mana regen lebih cepat, tipe ini biasanya adalah hero support yang membantu tim. Setiap hero memiliki semua atribut, namun ada primary atributte yaitu atribut utama.

Setiap hero memiliki point atribut yang berbeda-beda, setiap poin akan menambah satu damage dan stats yang dimiliki, misalnya hero dengan primary agility memiliki attack speed 0.2/s, 2 armor dan 10 damage, lalu dia membeli item yang menambah stats (+agility) misalnya +10agility, maka attack speed menjadi 0.8/s, 4 armor dan 20 damage.
  • Untuk Strength, setiap poinya menambah 19 health untuk hp maksimum dan menambah 0.03hp/detik. Apabila strength adalah primary attribute, maka setiap 1 poinya menambah 1 damage
  • Untuk Agility, setiap poinya menambah 0.14 armor dan menambah 1 attack speed. Apabila agility adalah primary attribute, maka setiap 1 poinya menambah 1 damage
  • Untuk Intelligence, setiap poinya menambah 13 mana untuk mana maksimum dan menambah regenerasi 0.04/detik. Apabila Intelligence adalah primary attribute, maka setiap 1 poinya menambah 1 damage

Role atau bagian

Role atau bagian adalah suatu posisi atau tugas dari hero. Sebenarnya role ini ada banyak dan sebenarnya juga role ini dinamis, yakni pada saat tertentu hero bisa merubah rolenya, namun ada juga official role yang menyatakan role asli dari hero tersebut.

Official role

Nah dari semua role dibawah ini sebenarnya hanya 3 role yang lebih terlihat. Jadi setiap hero itu pasti salah satu antara carry, support atau nuker, nah role-role lainya adalah sub-role yang dapat dimiliki oleh 3 role diatas. Namun ada juga beberapa hero yang memiliki dual-role, artinya hero itu dapat efektif menjadi role yang mana saja diantara 3 role. Tapi memang yang sangat dominan adalah carry dan support, nuker biasanya bisa menjadi semi-carry atau semi-support.
Carry
Carry adalah role untuk hero-hero yang lemah diawal, kuat diakhir game. Carry sangat membutuhkan items dan level, jadi mereka memang sangat membutuhkan farm untuk mendapatkan XP dan gold. Carry ini kekuatanya ada di attack dan attackspeednya, jadi yang dia butuhkan adalah damage. Dikarenakan oleh hal ini maka memang kebanyakan carry adalah hero agility yang kekuatanya berada di attacknya. Ability atau kekuatan atau skill yang dimiliki hero tipe ini biasanya adalah skill yang bukan untuk membunuh melainkan untuk melemahkan musuh dengan melambatkan, stun, disable dan sebagainya, sedangkan untuk membunuh musuh yaitu dengan attack nya (klik kanan). Meski begitu skill juga dapat digunakan untuk membunuh.
Support
Support adalah role yang biasanya tugasnya adalah membantu tim. Hero support tidak membutuhkan banyak last hit, melainkan menjaga carry untuk last hit di awal game. Hero support biasanya adalah hero intelligence yang lebih menggunakan skillnya daripada attacknya. Apabila anda menggunakan hero support belilah courier, observer ward, sentry ward, dust of appearance, smoke of deceit, gem of true sight. Perlu diketahui bahwa support tidak begitu membutuhkan item, berbeda dengan carry yang sangat bergantung pada item. Maka dari itu support tak butuh last hit. Apabila anda akan membeli item tetapi tim membutuhkan sesuatu, dahulukanlah sesuatu untuk tim itu. Yang sangat penting adalah di game awal atau early game cobalah untuk selalu deny dan jangan ambil last hit sama sekali, kecuali sedang sangat dibutuhkan. Juga apabila anda ranged hero cobalah untuk selalu hit hero musuh agar mereka kesulitan dalam farming.
Nuker
Hero ini adalah hero yang dapat membunuh hero dengan menggunakan skillnya dengan cepat, hero ini biasanya dapat membunuh hero sendiri tanpa bantuan. Hero seperti ini biasanya memiliki skill untuk disable dan skill dengan damage besar
Disabler
Hero yang memiliki role ini adalah hero yang dapat mengganggu musuh, bisa dengan membuat lambat, stun, menghilangkan untuk sementara dan sebagainya. Hero yang dengan role ini biasanya juga membeli item untuk mebambah disablenya
Jungler
Role ini adalah role untuk hero-hero yang dapat farm dengan membunuhi neutral creep di hutan saat game masih awal. Hero dengan role ini biasanya memiliki skill tertentu yang membuatnya tidak mudah mati saat farm di hutan, contohnya hero ini dapat summon unit, dan neutral akan menyerang unit bukan pada hero, maka ia akan dapat bertahan selagi farm
Pusher
Hero dengan role ini adalah hero yang dapat dengan mudah menghancurkan tower dan memusnahkan lane creep dengan cepat. Biasanya mirip dengan hero jungler yaitu mereka memiliki skill untuk summon unit agar dapat membantunya menyerang tower dan creep. Hero seperti tentu membutuhkan cara untuk kabur dengan cepat, biasanya memiliki skill untuk kabur dengan cepat.
Durable
Durable bisa kita sebut juga tanker adalah hero-hero yang memiliki health pool tebal, dan termasuk sangat kuat. Hero-hero seperti ini biasanya adalah hero strength.
Escape
Hero yang memiliki role ini biasanya memiliki skill untuk kabur dengan cepat, hero seperti ini cocok untuk menyerang sampai jauh.
Initiator
Hero initiator biasanya memiliki skill untuk memulai pertarungan, misalnya stun, atau sesuatu yang memperlambat musuh, skillnya mirip dengan disable
Lane support
Hero ini umumnya support, namun yang membedakan mereka lebih baik dalam menjaga carry untuk farm/lasthit di lane saat early game.

Unofficial role

Unofficial ini bisa dibilang bukan role sebenarnya, namun tetap perlu diketahui juga.
Hard carry
Hard carry adalah hero carry yang sangat membutuhkan farm dan level untuk bisa membunuh musuh. Hard carry hero biasanya sangat kuat di late game dan sangat sulit untuk ditaklukan, hard carry lah yang bertanggung jawab untuk menang-kalahnya tim di late game.
Semi carry
Hero semi-carry adalah hero yang tidak terlalu membutuhkan banyak farm untuk bisa menjadi kuat tetapi yang mereka butuhkan adalah level (XP). Mereka biasanya cocok untuk mengisi lane mid diawal game.
Ganker
Hero ganker sebenarnya mirip dengan hero semi-carry, namun yang ini biasanya lebih sering membantu atau meng-gank musuh di awal dan pertengahan game agar membantu tim tidak menjadi kalah. Hero ganker inilah yang sangat cocok untuk mengisi mid lane di awal game.
Roamer
Hero roamer biasanya membantu lane yang sedang kesulitan diawal game, hero roamer biasanya adalah support.
Offlaner
Hero offlaner adalah hero yang mengisi offlane/hardlane di early game. Mereka disebut offlaner karena mereka dapat sendirian di lane ini tanpa membahayakan dirinya. Hero offlaner biasanya memiliki skill untuk kabur dengan mudah. Hero ini sangat membantu apabila di tim ada hero tipe jungler.
  
Lingkaran yang paling besar di kanan atas adalah tipe hero (intelligence), yang dibawahnya adalah role-role yang dimilikinya.

Memilih hero yang cocok

Saat mulai DOTA 2, bingung kan mau pilih hero apa? nah saya tanya dulu role apa yang cocok bagi anda? apakah anda lebih suka menjadi support atau carry?. Hal itu tentu sangat penting karena cara main dari kedua role tersebut berbeda. Apabila anda mengikuti tutorial DOTA 2 tentu anda masih berada di limited hero pool, hero yang dapat anda pilih hanyalah sedikit. Saya beri contoh nih hero-hero mudah untuk dipick

Carry

Wraith King

Wraith king adalah hero carry yang menurut saya paling mudah untuk dimainkan, hero ini cukup kuat dan memiliki attack damage yang besar, juga skill yang dapat membuat anda hidup lebih lama. Dengan hero ini skill yang harus anda gunakan (cast) hanyalah satu, lalu anda hanya tinggal attack dengan klik kanan. Ingat, hanya gunakan skillnya untuk meng-stun musuh, dan hanya gunakan saat anda berniat untuk membunuh, karena mana yang dibutuhkan banyak, jangan dihabiskan.

Sniper

Sniper sebenarnya tidak terlalu kuat, namun setelah banyak farm dia akan sangat kuat, dan skill yang anda butuhkan untuk digunakan adalah 2 skill yang satu untuk memperlambat dan satu lagi untuk membunuh dari jarak jauh.

Drow ranger

Hero ini mirip dengan sniper, skill yang digunakanya adalah 2 skill, yang pertama untuk memperlambat musuh dan tambahan damage lalu yang keduanya adalah untuk mengsilence musuh. Gunakan skill 2 untuk silence lalu spam skill 1.

Sven

Sven adalah hero yang kuat dengan damage besar. Meski begitu dia juga dapat dijadikan sebagai hero support sewaktu-waktu, namun untuk lebih mudahnya gunakanlah sven sebagai hero carry. Sven memiliki 3 skill untuk digunakan, skill pertama adalah stun seperti halnya skill wraith king, lalu keduanya untuk mempercepat kecepatan dan menambah armor, lalu ulti nya adalah membuat sven menjadi semakin kuat. Ingatlah sven ini adalah strength hero, maka dari itu dia tidak memiliki banyak mana, jadi hati-hatilah menggunakan skill. Gunakanlah skill apabila anda memang siap untuk membunuh. Sven ini membutuhkan farm yang banyak, saat late game sven bisa menjadi monster yang sangat kuat dan ditakuti.

Support

Lion

Lion adalah hero support yang menurut saya paling mudah untuk dimainkan. Dia memang memiliki 4 skill penuh, namun keempatnya mudah untuk digunakan, yang pertama adalah untuk stun (disable), kedua hex (disable), ketiga mencuri mana agar mana mu bisa penuh lagi, ultinya adalah skill yang sangat kuat, ultinya dapat membunuh hero dengan mudah dan cepat.

Lina

Lina adalah hero yang bisa mengambil mid lane di early game. Lina memiliki skill yang sangat bagus dan mudah untuk digunakan. Skillnya ada damage, stun dan skill burst seperti ultinya lion. Apabila anda suka menggunakan skill dan ingin membunuh hero diawal game dengan mudah, gunakanlah lina lalu ambil mid lane.

Crystal maiden

Crystal maiden adalah hero support yang sangat mudah. Skillnya adalah stun, slow dan ultinya slow+damage. Crystal maiden hampir tidak membutuhkan farm sama sekali, karena skillnya sangatlah kuat untuk mendamage musuh.

Lich

Lich adalah hero yang juga termasuk sangat mudah. Skillnya yaitu slow+damage, shield, mana denial dan ultinya chain frost yaitu bola yang mendamage banyak musuh di suatu area. Gunakan skill 3 selalu untuk mendapatkan XP gratis tanpa harus last hit. Gunakan ulti saat teamfight dan musuh tak akan berkutik dan mereka akan lari kocar-kacir ketakutan.

Apabila anda memang sangat pemula jangan pernah memilih hero yang harus mengontrol lebih dari 1 unit, misalnya: Meepo, Lone Druid, Visage, Enchantress, Chen, Lycan, Nature's prophet, Beastmaster dan Enigma. Juga jangan memilih hero nuker atau hero-hero yang memiliki banyak skill, misalnya: Oracle, Phoenix, Shadow demon, Nyx Assassin, Invoker, Earth spirit, Ember spirit, Brewmaster, Puck, Rubick dan Doom. Apabila ingin mencobanya, cobalah lawan bot terlebih dahulu, jangan dicoba di online match.

Lalu apa hero yang paling sulit untuk dimainkan? hal ini pasti pertanyaan juga kan hehe, kalo secara umum banyak orang yang bilang paling susah itu adalah Earth Spirit, Meepo dan Invoker, namun kalo pendapat saya yang paling sulit adalah Earth spirit. Mengapa earth spirit sangat sulit untuk dimainkan? tentu karena pemain butuh skill dan ketepatan yang sangat tinggi, juga anda harus memiliki kecapatan jari dan responnya yang sangat cepat.

Cara kerja permainan

Dasar yang perlu anda ketahui di DOTA 2 adalah:
  • Klik kanan untuk berjalan dan attack
  • Tekan F4 untuk membuka shop dan membeli barang
  • Tekan A lalu klik kiri pada creep tim kita yang sudah akan mati untuk deny
  • A juga dapat digunakan untuk menyerang (pengganti klik kanan)
  • Tekan S untuk menghentikan aksi yang akan dilakukan (gunakan S sebanyak mungkin agar dapat last hit dengan mudah)
  • Klik kanan di minimap akan membuat hero anda berjalan juga
  • Klik kiri di map akan mengarahkan anda ke lokasi yang anda klik
  • Selalu tempatkan tangan kiri anda di tombol Q W E dan R
  • Apabila darah/HP anda sangat rendah, segeralah kembali ke fountainmu
  • Selalu cek scoreboard untuk melihat level musuh, di level 6 pada umumnya hero sudah memiliki ultimatenya
  • Selalu menyicil item, item di DOTA 2 dibuat dari banyak item, nah belilah item kecil-kecil itu lalu bangunlah menjadi item besar
  • Setiap menit anda mendapatkan gold sebanyak 100 unreliable gold yang dinamakan periodic gold
  • Setiap kali anda mati, anda akan kehilangan 30 x level hero unreliable gold, sedangkan reliable akan tetap
  • Anda selalu memiliki opsi untuk buyback, yaitu saat mati anda bisa hidup kembali dengan membayar, gunakanlah buyback sebaik mungkin, biasanya seorang pemain buyback apabila tim sudah hampir kalah dan membutuhkanya
  • Gunakan ALT + Klik kiri untuk meng-ping atau memberitahu teman-teman anda, ALT + Klik kiri adalah memberi tanda seru, ALT + CTRL + Klik kiri adalah untuk memberi ping larangan
  • ALT adalah tombol yang sangat memberi informasi, anda bisa tekan ALT + klik kiri ke foto hero musuh untuk memberi tahu mereka hilang, ke item musuh untuk memberi tahu teman item yang dimiliki musuh, ke item atau skill yang kita miliki untuk memberitahu bahwa kita siap atau memiliki skill/item itu dan banyak lagi, coba-cobalah gunakan ALT + Klik kiri kemana saja
  • Apabila anda disconnect, tetapi tidak leave game, tidak sengaja lebih dari 5 menit, maka anda dianggap meninggalkan game atau abandon. Setelah beberapa kali abandon anda akan ditempatkan di low priority queue dimana anda hanya dapat main pada All random mode dan tidak akan mendapatkan battle points.
  • Apabila anda meninggalkan game dengan sengaja, anda juga akan mendapatkan abandon
  • Setiap kali ada orang abandon maka game menjadi safe to leave, siapapun yang abandon duluan maka dialah yang terkena abandon dan yang leave setelah ada yang abandon tidak masalah dan menjadi pilihan untuk tetap main atau tidak
  • Apabila seseorang abandon sebelum ada first blood, maka game tidak akan scored atau tidak dihitung sebagai game, apabila terjadi seperti ini lebih baik leave game saja.
  • Ada pula safe to leave yang disebabkan oleh server yang crash, game nya biasanya tidak scored dan lebih baik leave saja
  • Orang yang dianggap AFK atau away from keyboard adalah orang yang tidak mendapatkan XP lebih dari 5 menit, dan dia akan dianggap abandon
cara melihat score  
Cara melihat scoreboard

Memilih item yang tepat

Hal inilah yang pasti membuat anda bingung, "item apa yang harus saya beli?". Item memang cukup sulit dimengerti apabila belum tau fungsinya. Umumnya orang menggunakan guide yang ada di shop langsung, dishop bagian atas kiri adalah item awal, nah anda dapat membeli item dari atas lalu terus ke kanan. Ada juga build yang menggunakan build buatan orang, build ini juga untuk build skill agar anda dapat dimudahkan. Caranya lihatlah ke panel kiri atas, klik tombol kedua, lalu pilih suggested build, lalu centang yang paling pertama dan klik ok, anda akan dipermudah dengan highlight yang diberikan pada anda, apa yang harus anda naikan dan buat.  
Di DOTA 2 anda memang harus membuild item dari kecil ke besar, caranya klik kiri di shop lalu lihat item itu terbuat dari apa, nah anda harus menyicilnya dengan membelinya satu per satu  
Untuk kegunaan item, anda bisa baca tooltip dengan mengarahkan mouse ke item. Item active adalah item yang dapat di gunakan, item passive adalah item yang memberikan stats, suatu item bisa menjadi active dan passive sekaligus. 

Cara Mendapatkan Item DOTA 2 secara Gratis

Strategi permainan

DOTA 2 adalah permainan real time strategy yang berarti bukan hanya last hit, farm, kill, namun banyak hal yang harus direncanakan. Misalnya 1 tim memiliki 2 carry 1 offlaner 1 jungler dan 1 ganker, maka formasi yang baik di early game adalah 2 safelane, 1 offlane, 1 jungle dan 1 mid lane. Kita juga harus benar-benar memperkirakan penggunaan mana, karena tidak semua skill menggunakan mana dengan baik, banyak skill yang menghabiskan mana sekali pakai, maka dari itu berhati-hatilah menggunakanya. Mulai dari early game, apabila saat pick tidak ada yang pick support, maka anda sebaiknya pick support. Ingat, tim selalu butuh support, courier, wards, dust dan sebagainya pun sebaiknya dibeli oleh support. Tetapi bukan berarti support harus melakukan semuanya, namun sebaiknya sih melakukan semua itu saja. Kalau tim butuh sesuatu belikanlah, jangan menyuruh-nyuruh, siapapun bisa beli courier, wards dan lainya.

Fog of war

Apa itu fog? fog adalah kabut, anda pasti tahu apabila main DOTA 2 tempatnya terlihat gelap di beberapa tempat, nah tempat gelap ini seringkali misterius dan akan membuat musuh mendapatkan kesempatan untuk menyelinap dan merencanakan membunuh hero. Untuk mengclear fog ini, belilah observer wards, pasang di tempat yang paling tinggi, maka tempat yang gelap akan menjadi terang, dan tidak akan membuat anda bertanya-tanya ada apa di sana. Banyak pemula yang meremehkan fog, padahal banyak pemula yang mati karena fog ini.

Kapan harus push dan kapan harus farm

Sebaiknya anda melakukan push saat anda sudah cukup sedikit farm, misalnya anda mulai push setelah level 6, masalahnya apabila anda push di awal game, anda akan kesulitan farm dan malah memberikan musuh creeps dari tim kita, dan kita akan kesulitan untuk meng-denynya karena sudah terlalu dekat dengan tower musuh. Nah setelah sekitar 7-9 menit anda boleh push dan lalu farm di hutan apabila anda carry. Apabila musuh meng-push tower kita, kita harus lawan lagi dengan push.

Kapan harus menyerang dan kapan harus mundur

Banyak sekali pemula yang antusias dalam menyerang hero, ingatlah bahwa damage dan attack speed masing-masing hero berbeda, maka kita harus bisa memperkirakan apakah yang kita miliki akan cukup untuk membunuh hero. Selalu cek item dan mana musuh, dengan begitu kita akan dipermudah untuk mengetahui kemungkinan serangan kita berhasil atau tidak. Apabila anda sendiri dan melihat 2 hero menghampiri anda, sebaiknya anda segeralah mundur. Apabila anda berdua dan cukup kuat berhadapan dengan 3 musuh yang lemah, seranglah. Apabila anda terlanjur memulai pertarungan, lalu tim membantu dan anda kabur lalu tim mati, segeralah kabur.

Menjadi MID laner yang baik

Apabila anda berada di mid lane saat early game, tentu andalah yang bertanggung jawab atas kemenangan tim di early game, karena midlane lah anda menjadi lebih kuat, dan harus membantu tim. Selalu siapkan bottle untuk regenerasi, bottle memiliki 3 charges namun bisa diisi kembali dengan mengklik rune yang ada di sungai. Sebelum mengisi bottle rune, push dulu creep wave di mid agar musuh tidak mengganggu.

Selalu berkomunikasi

Gunakan ALT + Klik kiri atau CTRL + ALT + klik kiri dan arahkan ke sesuatu yang ingin anda beritahu ke tim. Selalu berikan informasi apabila musuh di lane sedang tidak ada, karena kemungkinan musuh itu sedang roaming dan akan membantu lane lain. Gunakan chat wheel atau tekan Y lalu arahkan mouse untuk memberi info dengan cepat. Kata-kata di chat wheel dapat anda ubah sendiri di settings

Istilah-istilah yang perlu anda ketahui

  • AFK (away from keyboard): berarti hero yang afk adalah hero yang tidak bergerak
  • AoE (area of effect): berarti suatu spell yang mengefek suatu aread beradius tertentu
  • Back/b: berarti sebaiknya kita mundur, orang yang berkata seperti itu memutuskan untuk tidak ikut maju dan mengajak kita mundur
  • Backdoor: berarti tower yang memiliki backdoor dan kita butuh creep wave untuk menghancurkanya
  • BKB: berarti black king bar, salah satu item untuk spell immune
  • Buff: berarti sesuatu yang menambah hal positif pada hero, biasanya ditandai dengan ikon diatas healthbar
  • Buyback/BB: yaitu membayar untuk hidup kembali
  • Cooldown/CD: berarti suatu skill atau item sedang dalam waktu cooldown dan sedang tidak bisa digunakan
  • Creep score/CS: berarti last hit dan deny yang kita miliki
  • Damage per second/DPS: berarti suatu damage yang diberikan setiap detik
  • Debuff: kebalikan dari debuff, yaitu negative status pada hero
  • Def: berarti kita harus mempertahankan suatu bangunan
  • Farm: mengkoleksi gold dan XP
  • Feeder: berarti orang/pemain yang sering mati dan memberikan XP dan gold ke musuh
  • Gank: menyerang musuh bersama-sama
  • Gold per minute/GPM: gold yang anda dapat setiap menit
  • GG (good game) atau GGWP (good game well played): berarti menyatakan game yang baik, biasanya dikatakan diakhir match
  • GLHF (good luck have fun): pernyataan untuk semoga beruntung
  • HEX: yaitu disable musuh, contohnya skill 2 lion yang membuat musuh menjadi ikan
  • INC/incoming: segera datang
  • Minion: unit yang dapat kamu kontrol
  • Miss/missing: berarti ada sesuatu yang hilang di lane (hero musuh)
  • Micromanagement/micro: kontrol banyak unit, contohnya Meepo dan Lone Druid
  • Snowball: istilah untuk tekanan pada tim musuh yang agresif
  • OOM (out of mana): berarti mana habis atau kurang
  • Pull: menarik creep lane ke neutral creep agar lane creep tidak pushing dan membiarkan carry farm
  • Roshan/RS: berarti roshan, neutral creep yang berada di daerah dire bawah
  • Smoke: berarti item smoke of deceit
  • Tower dive: berarti menyerang musuh yang sedang dekat dengan towernya
  • TP: town portal scroll, digunakan untuk teleport
  • True sight: berarti pengelihatan tanpa batas, dapat melihat invicible enemy
  • Ulti/SS: berarti ultimate, skill hero terakhir yang paling kuat
  • Wipe: berarti suatu tim mati semua
  • WP, well played: berarti permainan yang bagus
  • XP: berarti experiences
Selain itu masih ada lagi bahasa-bahasa yang biasanya muncul di DOTA 2, dan tambahan di server asia
  • GTFO: berarti dia tidak ingin orang yang diakatai berada disini
  • STFU: berarti dia ingin orang yang dikatai untuk diam
  • Noob: berarti pemain baru (newbie) yang biasanya kurang tahu cara bermain yang benar
  • Retard: orang yang dianggap keterbelakangan
  • Report: berarti melaporkan seseorang ke valve untuk di ban
  • Lag/spike: berarti gangguan dalam koneksi atau fps yang membuat pemain bermain buruk
  • Ping: adalah berapa jauh anda dari server (semakin kecil semakin baik)
  • KS: kill steal, berarti orang yang dikatai telah mengambil kill orang yang mengatai, bisa juga dibilang nyampah
  • WTF: what the fuck berarti orang itu terkejut atau bingung akan sesuatu (sambil marah)
  • g: berarti go atau maju
  • fat: berarti suatu hero yang banyak farm/kill dan menjadi sangat kuat
  • Tangina: bahasa kasar pinoy 1
  • Bobo/bogo: bahasa kasar pinoy 2
  • Kanga: bahasa kasar pinoy 3 (catatan: kalo anda sudah lihat orang ngomong 3 bahasa kasar pinoy gini di tim anda, kelar dah game anda)
  • Cyka: bahasa kasar russia 1
  • Blyat: bahasa kasar russia 2
  • REKT: wrecked yaitu tersiksa
  • Baby hero: hero yang dianggap sangat mudah untuk dimainkan
  • EZ: berarti easy atau mudah, biasanya untuk ejekan
  • Fail mid: berarti mid yang gagal di early dan membuat tim kalah
  • W8: bisa kita artikan sebagai wait atau tunggu
  • M8: berarti mate atau kawan
Ada juga beberapa singkatan yang sering dipakai
  • Naix: lifestealer
  • Bs: bloodseeker
  • Sf/nevermore: shadow fiend
  • mortred: phantom assassin
  • Davion: Dragon Knight
  • Bara/barathrum: Spirit breaker
  • Skeleton king: Wraith king
  • Magina: Anti-Mage
  • Furion: Nature's prophet
  • Ball/wisp: IO
  • Lanaya: templar assassin
  • Zues: zeus
  • Fishboy: Slardar/Slark
  • LC: legion commander
  • Yunero: Juggernaut
  • Traxex/xex: Drow ranger
  • Windrunner: Windranger
  • Dirge: Undying
  • Gondar: Bounty hunter
  • Chuck Norris: Omniknight
  • Ck: chaos knight
  • Es: earth shaker/earth spirit
  • MKB: monkey king bar
  • MoM: mask of madness
  • vlad: Vladimir's offering
  • Aghs: aghanim scepter
Sekian Artikel dari kami, Semoga Bermanfaat
Share on Google Plus

Mau Pulsa Gratis ? Cobain Aplikasi ini..dijamin ketagihan

1 komentar:

  1. Buat kalian semua penggemar dota 2, pengguna android saya ada trik nih untuk mendapatkan dollar gratis buat steam wallet, coin line secara gratis, diamond lets get rich atau mendapatkan uang dan pulsa gratis dan legal tentunya, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini

    1. Download aplikasi Whaff Rewards di playstore
    2. Setelah ke install buka appnya
    3. Seteah di buka klik tombol login, login ajaa pake akun
    facebook kalian
    4. Abis itu ada kotak invitation code
    5. Masukan kode FN85301
    6. Setelah masukan kode diatas kalian bakal dapet $0.3,
    lumayan kaan, kalian tinggal ngumpulin deh sampe 10$ TAPI JIKA TIDAK MEMASUKAN KODE DIATAS KALIAN AKAN MEMULAI DARI $0.1
    7. Cara ngumpulinnya gampang, tinggal invite orang lain
    atau download aplikasi yang ada di app tersebut
    8. Setiap download aplikasi kalian akan mendapat hadiah
    sebagai reward, hadiahnya bisa $0.17, $0.22 sampe $0.66
    9. Setiap hari kalian pun akan mendapat reward bila
    setelah di download aplikasi tersebut tidak di uninstall
    lagi lumayan kaan setiap hari uang kalian bertambah
    hehehe
    10. Setelah terkumpul $10 baru deh kalian bisa tukerin ke
    voucher google play, steam wallet, paypol dan banyak plhannya
    11. Nah kalian bisa deh beli coin line yg bisa digunakan untuk beli stickerline dan item-item dota 2, beli theme, atau buat nge gift doi juga kan lumayan hehehe

    Jangan lupa share trik berguna ini ya~

    BalasHapus